Monthly Archives: August 2014

HALAL BI HALAL DI HARI YANG FITRI MI MUHAMMADIYAH DAN SMP MUHAMMADIYAH. Tahun 1435 H/ 2014 M

HALAL BI HALAL DI HARI YANG FITRI
MI MUHAMMADIYAH DAN SMP MUHAMMADIYAH.
Tahun 1435 H/ 2014 M

Hari masuk sekolah setelah idul fitri telah tiba. Rasa capek bagi yang mudik mugkin masih terasa. Pertama masuk sekolah, Keluarga Besar MI Muhammadiyah Madiun melakukan Halal Bi Halal bersama keluarga besar SMP Muhammadiyah 1 Kota Madiun. Tradisi ini memang hanya ada di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman depan kantor MI dan SMP Muhammadiyah Kota Madiun. Para siswa memakai busana muslim, setelah upacara sebentar sekaligus bersalaman anatar keluarga besar MI Maupun SMP selanjutnya kegiatan pengajian halal bi halal di Masjid MI/ SMP Muhammadiyah kota madiun.  Kegiatan ini diawali pukul 08.00-09.00, Penceramah oleh BP. Suwardi Rasyid, M.Pd.I dan diakhiri dengan ramah tamah di kantor SMP Muhammadiyah Kota Madiun.
Dalam ceramahnya, P Rasyid menerangkan bahwa kita harus berusaha melanjutkan keistiqomahan dalam melaksanakan amalan dibulan ramadhan di sebelas bulan selanjutnya seperti : sedekah, sholat malam, tadarus Al Qur’an dan  menjauhi  perilaku yang membuat orang sakit hati, dan mau melapangkan hati untuk memaafkan orang lain.  Keluarga besar MI Muhammadiyah Mengucapkan Taqobbalallahu Minna Wa minkum Minal ‘aidzin Wal Faizin maafkan lahir dan batin !

PONDOK RAMADHAN DAN DARUL ARQOM MI MUHAMMADIYAH KOTA MADIUN TAHUN 1435 H/ 2014 M

PONDOK RAMADHAN DAN DARUL ARQOM
MI MUHAMMADIYAH KOTA MADIUN
TAHUN 1435 H/ 2014 M

BUKU ROMADHAN

 

Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa-siswi, MI Muhammadiyah menyelenggarakan kegiatan  Pondok Ramadhan dan darul Arqom di Madrasah dengan menerapkan buku panduan ramadhan yang di keluarkan oleh madrasah sendiri. Adapun kegiatan mengacu pada buku tersebut. Buku kegiatan tersebut di sesuaikan dengan materi pembelajaran disekolah.

Adapun pelaksanaan Pondok Ramadhan dan darul Arqom MI Muhammadiyah Kota Madiun  dimulai pada tanggal 18 Juni – 21 Juni 2014. Pondok Ramadhan dan darul Arqom MI Muhammadiyah Kota Madiun  diikuti oleh semua siswa-siswi yang bermukim selama 3 hari di Madrasah.
Kegiatan Pondok Ramadhan dan darul Arqom MI Muhammadiyah Kota Madiun  tersebut berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Semuanya melaksanakan tugasnya dengan baik dan bersinergis sehingga menghasilkan output yang diharapkan, yaitu siswa-siswi yang melaksanakan janji pelajar muhammadiyah yaitu :
Isi Janji Pelajar Muhammadiyah :
1.    Menjunjung tinggi perintah agama islam
2.    Hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru.
3.    Bersih lahir batin dan teguh hati
4.    Rajin belajar giat bekerja serta beramal
5.    Berguna bagi masyarakat dan negara
6.    Sanggup melangsungkan amal usaha muhammadiyah.

Mudah-mudahan kita diberikan keistiqomahan dan keikhlasan dalan melaksanakan tugas sebagai bentuk ibadah dan mencari ridho Allah semeta. Amin. (Doc. Rosyid)